Minggu, 25 Oktober 2015

Peta Indeks Kecamatan Salem - Brebes

Kecamatan Salem adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes yang memiliki jumalh penduduk tekecil yakni 56.871 jiwa (sensus 2010),  Kecamatan ini terletak di ujung barat daya wilayah Kabupaten Brebes. Berbatasan dengan Kecamatan Banjarharjo(atau Banjarharja) dan Ketanggungan di utara, Kecamatan Bantarkawung di timur, Kecamatan Majenang (Kabupaten Cilacap) di selatan, serta Kabupaten Kuningan (Jawa Barat di barat). Kecamatan ini memiliki wilayah seluas 152,10 km² (9,14% dari luas kabupaten)

Batas wilayah:
Utara: Kecamatan Banjarharjo.
Selatan: Kabupaten Cilacap..
Barat: Kabupaten Kuningan.
Timur: Kecamatan Bantarkawung .

Daftar nama desa dan kelurahan:
1. Banjaran
2. Bentar
3. Bentarsari
4. Capar
5. Ciputih
6. Citimbang
7. Gandoang
8. Ganggawang
9. Gunungjaya
10. Gununglarang
11. Gunungsugih
12. Gunungtajem
13. Indrajaya
14. Kadumanis
15. Pabuaran
16. Pasir panjang
17. Salem
18. Tembongraja
19. Wanoja
20. Winduasri
21. Windusakti


Sarana dan prasarana:
Sarana Pendidikan
Bagi wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan, Sirampog merupakan pusat pendidikan. Pada tingkat :

1. SMP Negeri 1 Salem (Desa Salem)
2. SMP Negeri 2 Salem (Jl. Raya Kalinyamat, Pasir Panjang)
3. SMP Negeri 3 Salem ( Jl. Pasarean No 1 Desa Bentarsari)
4. SMP Negeri 4 Salem (Desa Indrajaya)
5. SMP Negeri 5 Salem (Desa Capar)
6. SMP Negeri 6 Salem (Desa Kadumanis)
7. SMP Negeri 7 Salem (Desa Citimbang)
8. SMP 6 Ma'arif NU Ciputih (Desa Ciputih)
9. Mts Assalam Salem (Desa Salem)
10. Mts PSA Ganggawang (Desa Ganggawang)
11. SMP Islam Ganggawang (Desa Ganggawang)
12. SMP Islam Al-Amanah (Jl. Kauman, Bentar)
13. MTs Al Azhar Tembongraja (Jl. Tamansari)

1. SMA Negeri 1 Salem (Jl. Raya Bentar-Salem, Salem)
2. SMK Izzul Islam Salem (Jl. Raya Cilangkap, Salem)
3. SMK Islam Al-Amanah (Jl. Kauman, Bentar)
4. SMK Al-Azhar Salem (Jl. Tamansari, Tembongraja)
5. MA Ganggawang ( Jl. Ganggawang, Desa Ganggawang)

Obyek Wisata:

- Ranto Canyon
Sudah sejak lama kami hanya mendengar cerita dan mitos tidak ada yang berani menyusuri tempat tersebut akhirnya setelah kami membentuk team tidak lama kemudian pada tanggal 18 April 2015 kami memberanikan diri menyusuri dengan peralatan seadanya. Warga sekitar biasa menyebut tempat tersebut "Ranto", diapit dua tebing canyon menjulang tinggi 10-20 meter kami menyusuri mengikuti aliran sungai dari hulu ke hilir -/+ 500 meter dengan waktu tempuh 3 jam.

- Puncak Gunung Lio
Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo, dapat dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan, sehingga mampu meningkatkan daya tarik Salem namun tidak mengurangi fungsinya sebagai daerah penyangga suplai air bagi kabupaten Brebes. Setiap hari libur Puncak ini selalu di padati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain menikmati hawa sejuk dan pemandangan yang luar biasa eksotis kita juga bisa mengenal keanekaragaman hayati yg ada di Sekitar Gunung Lio. puncak ini bisa di tempuh dari arah Banjarharjo dgn melewati Bandungsari dan juga di tempuh dari Desa Pasirpanjang Salem. Namun jika dari arah Bumiayu dan Majenang bisa mengikuti petunjuk jalan arah Tanjung Kersana Brebes.
- Alun-Alun Salem
Tempat nongkrong dan lokasi diadakannya event event Warga Salem. Disekitar alun-alun juga terdapat Masjid Agung , Pasar Salem , Kantor Kecamatan dan Lapangan Satria Perkasa Salem.

- Water Boom Tiga Putri
Terletak di Mancagar Bentarsari. Pemandian dan Kolam bermain keluarga lengkap dengan beragam permainan air dan tentu pemandangan yang menakjubkan. Water boom ini merupakan salah satu satu dari sedikit kolam renang keluarga di wilayah kota Brebes
- Tugu Kopasus
Jalur pendakian ke puncak perbatasan Jawa Tengah dgn Jawa Barat, bisa di tempuh lewat Dusun Ciwindu Desa Wanoja dan Desa Windusakti. Cocok buat para pecinta Alam.

- Sondai
Terletak d desa Ciputih, tempat tongkrongan anak anak remaja yg menikmati Sunset di pinggiran sungai Cigunung.

- Bukit Bintang
Bukit Bintang merupakan kekayaan alam yang ada di kecamatan Salem, bukit bintang berada di kampung Panawuan desa Wanoja. Me[erlihatkan suasana persawahan yang beundak dengan cara terasering, disana juga terdapat curug lewi nyiru

- Gunung Sagara
gunung sagara terletak di desa gandoang kec salem kab brebes. bersebelahan langsung dengan gunung kumbang. disana terdapat situs peninggalan sejarah, sering di kunjungi para Mahasiswa yg ingin menggali sejarah.
- Gunung Kumbang
Gunung Kumbang merupakan salah satu gunung yang ada di kecamatan salem, gunung kumbang berada di desa ciputih, merupakan gunung tertinggi di kecamatan salem.

- Gunung Kadaka
tepatnya di desa capar kecamatan Salem

- Gunung Puncak Tiga
tepatnya bersabelahan langsung dengan gunung kadaka yng berada di desa Capar kec. Salem kab. Brebes.

- Curug Panyusuhan
Curug panyusuhan terletak di hulu sungai ci gunung yng berada tida jauh dari desa tembong raja dan windusakti. di curug tersebut terdapat sekitar 7 curug yng indah. tp hanya dapat d tempuh dengan berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari desa Tembongraja Kec. Salem.

- Curug Sabuk
Curug sabuk terletak d desa Gunung Larang Kec. Salem. tepatnya di sekitar aliran sungai ci sompok, tinggi Curug tersebut sekitar 25m dan hanya dapat d tmpuh dng brjalan kaki menikuti aliran igigasi selama satu jam.

- Curug Kadumanis
Curug tersebut terletak di desa Kadumanis Kecamatan Salem, tinggi curug tersebut sekitar 35m.

- Curug Panenjoan
Curug panenjoan terletak di Dukuh babakan desa Wanoja. Jalur akses menuju tempat ini sangat mudah mengikuti jalan ke arah Desa Capar. Selain bisa menikmati curug, pengunjung juga bisa melihat hampir seluruh wilayah kecamatan salem dengan berdiri di atas bukit panenjoan.



Ingin mendapatkan semua file mentah (.cdr) desain Peta Indeks Kecamatan di kabupaten Brebes? Silahkan klik DISINI  via mediafire atau DISINI via Filefactory

Untuk file jadi (.jpg) klik DISINI

atau hubungi: waesalqorny@yahoo.co.id

Waes Alqorny

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Feed back:

Posting Komentar